Simak 5 Tren Teknologi yang Booming pada Tahun 2021

Card image cap

Perkembangan teknologi semakin lama semakin berkembang, khususnya pada bidang teknologi informasi. Ditambah lagi dengan adanya pandemic Covid-19 yang mengubah segala kegiatan menjadi full online/daring dari rumah. Kegiatan kita saat ini dilakukan tanpa adanya sistem tatap muka.

Mulai dari transaksi jual beli, bekerja, hingga sekolah semua dilakukan secara daring. Saat ini, semua orang dipaksa untuk beradaptasi dengan teknologi yang semakin baru. Meeting yang biasanya dilakukan secara langsung, kini dapat dilakukan di rumah menggunakan aplikasi meeting, seperti Google Meeting, maupun Zoom Meeting.

Kondisi saat ini menuntut setiap orang untuk lebih peka dan kreatif dalam menggunakan teknologi. Tanpa adanya perkembangan teknologi, kita tentu kita akan kesulitan untuk melakukan pekerjaan jarak jauh seperti yang sekarang sedang dilakukan oleh banyak perusahaan. Sampai pada akhirnya, teknologi diperkirakan akan booming pada tahun 2021. Apa saja teknologi yang dimaksud? Simak artikel berikut ini!

1. Hybrid Cloud

Hybrid Cloud merupakan layanan komputasi awan yang menghadirkan beragam fungsi untuk mengintegrasikan Public Cloud dan Private Cloud dalam organisasi yang sama. Layanan pada Hybrid Cloud membuat organisasi dapat memaksimalkan efisiensi kinerja mereka dalam Public Cloud untuk seluruh pengoperasian yang bersifat public.
Hybrid Cloud juga memudahkan organisasi yang membutuhkan efisiensi dalam menjalankan operasi yang bersifat sensitive dengan menggunakan Private Cloud. Hybrid Cloud memberikan fitur keamanan, efisiensi biaya, skalabilitas, dan fleksibilitas dalam melakukan konfigurasi.
Hybrid Cloud diimplementasikan untuk menyimpan data seperti website e-commerce dalam Private Cloud dengan lebih aman dan dapat dikembangan lebih baik. Kemudian informasi website tersebut disimpan pada Public Cloud. Teknologi ini, akan sangat diperlukan oleh pelaku bisnis dalam bidang teknologi informasi.

2. Cyber Security

Melakukan pekerjaan secara daring, tentu membutuhkan Cyber Security yang lebih efisien. Selama masuknya pandemi di Indonesia, telah banyak laporan tentang peningkatan serangan cyber di seluruh dunia. Kondisi ini, membuat cyber crime semakin cerdas dalam meretas keamanan cyber.
Berbagai data diserang oleh cyber crime. Mulai dari data pribadi, hingga website dan e-commerce besar. Hal ini dipicu karena adanya sistem bekerja dari rumah. Jadi, teknologi cyber security ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk memperkuat jaringan dan memperluas perangkat seluler yang melakukan pekerjaan secara daring.

3. Jaringan 5G

Saat ini, jaringan telekomunikasi yang paling umum digunakan adalah Jaringan 4G. Namun, bagaimana dengan Jaringan 5G? Beberapa waktu ke belakang, Jaringan 5G ini sudah mulai banyak diperkenalkan sebagai jaringan dengan bandwith dan koneksi yang sangat stabil dan performanya jauh di atas Jaringan 4G.
Adanya jaringan 5G, akan sangat memudahkan dalam menggunakan internet. Ditambah lagi, dengan kegiatan saat ini yang lebih banyak dilakukan secara online. Jaringan 5G dapat menjadi solusi dalam menggunakan teknologi informasi. Dengan menggunakan Jaringan 5G, diharapkan bisa membantu kinerja suatu bisnis maupun perseorangan.

4. Artificial Intelligence (AI)

Teknologi Artificial Intelligence merupakan tools yang digunakan untuk membantu sebuah bisnis yang diperkirakan akan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Teknologi ini dapat disebut sebagai kecerdasan buatan yang berpengaruh pada pekerjaan manusia.

Artificial Intelligence dapat diterapkan pada mesin apapun yang menunjukkan adanya sifat terkait dengan pikiran manusia. Di dalamnya, terdapat proses pembelajaran untuk mengolah informasi, penalaran untuk mencapai kesimpulan yang pasti, serta koreksi diri. AI memiliki kemampuan untuk mengambil tindakan terbaik untuk mencapai tujuan tertentu.

Saat ini, AI masih terus berkembang untuk dijadikan sebagai media yang membantu beragam industri yang berbeda. Tak hanya ilmu computer, teknologi ini juga menggunakan pendekatan berbasis linguistik, matematika, psikologi dan masih banyak lagi. DIperkirakan, AI akan semakin banyak digunakan pada tahun 2021.

5. Belanja dari Social Media

Melakukan belanja online, biasanya hanya melalui e-commerce. Jika berbelanja melalui media sosial, maka kita akan diarahkan untuk menghubungi contact person yang tertera pada bio atau caption unggahan. Namun, pada 2021 ini, social media seolah tidak ingin ketinggalan dalam mengembangkan teknologi dan fitur yang mereka miliki.

Contohnya pada Instagram. Kini sudah ada fitur “Shopping”, dimana pengguna media sosial bisa langsung memesan melalui Instagram, tanpa perlu masuk ke jaringan e-commerce. Tentu teknologi ini sangat memudahkan untuk melakukan belanja online. Teknologi ini akan booming pada tahun 2021 dan bisa menjadi pesaing bagi e-commerce.

Berkembangnya teknologi, diharapkan akan membantu pengguna untuk lebih aktif, kreatif, dan inovatif dalam menggunakan platform yang dibutuhkan. Gunakanlah teknologi sebijak mungkin, dan sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna. Kelima poin di atas, merupakan prediksi teknologi yang akan banyak digunakan pada 2021. Menurutmu, teknologi apa yang paling dibutuhkan?


Tags: Covid-19 Teknologi Hybrid Cloud Cyber Security Jaringan 5G Artifical Intelligence AI E-commerce
  • Follow: