Berikan Kemudahan Bagi Manusia, Inilah 9 Teknologi yang Menggunakan Kecerdasan Buatan

Card image cap

Teknologi Kecerdasan Buatan atau disebut dengan Artificial Intelligence kini sudah menjamur di Indonesia, sebanyak 24.6% organisasi di Indonesia telah mengadopsi AI.

Istilah kecerdasan buatan diciptakan pada tahun 1956, tetapi AI menjadi kian populer saat ini berkat peningkatan volume data, algoritma canggih, dan peningkatan daya serta penyimpanan komputasi.

Apa itu Kecerdasan Buatan (AI)?

Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) adalah simulasi dari kecerdasan yang dimiliki oleh manusia yang dimodelkan di dalam sebuah mesin dan diprogram agar bisa berpikir seperti halnya manusia. Teknologi Kecerdasan Buatan memerlukan data untuk dijadikan pengetahuan, pengalaman, dan data untuk memberikan hasil yang baik. Poin penting dalam proses AI adalah learning, reasoning dan self correction.

Teknologi Kecerdasan Buatan memerlukan lebih banyak observasi yang dilakukan secara otomatis berdasarkan pengalaman ketika digunakan oleh pengguna.

Teknologi yang Sudah Menggunakan Artificial Intelligence

Kecerdasan Buatan atau AI telah banyak diterapkan dalam berbagai bidang seperti industri, medis, pendidikan, bisnis bahkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa contoh teknologi yang sudah menggunakan Kecerdasan Buatan dan bisa Anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Asisten Virtual

Asisten Virtual  merupakan program komputer yang memberikan layanan pelanggan secara verbal. Ada banyak platform asistem virtual seperti Google assistant, Siri atau Alexa. Seperti asisten virtual pada umumnya, asisten virtual ini juga bisa Anda ajak berinteraksi. Selain itu asisten virtual dapat mencatat kapan Anda ada janji atau acara dan memberikan informasi ketika waktu acara yang ditentukan segera tiba.

Asisten virtual ini juga bisa Anda perintah untuk melakukan pengirman pesan, memutar musik, membuka aplikasi dan sebagainya. Teknologi ini merupakan pengaplikasian dari Kecerdasan Buatan.    

  1. E-Commerce

Konsep penerapan Kecerdasan Buatan selanjutnya yang umum dijumpai adalah pada e-commerce. Penerapan Kecerdasan Buatan pada e-commerce yang paling umum ditemukan adalah rekomendasi produk berdasarkan keyword yang biasa Anda input.

Lalu darimana AI mendapatkan produk-produk yang akan direkomendasikan tersebut? AI memperoleh data dari penggunanya. Misalnya, ketika Anda melakukan pencarian, pembelian, dan sudah melihat produk apa saja. Data itulah yang akan diproses dari konsep AI, melalui data mining sehingga AI akan merekomendasikan produk-produk yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

  1. Buka Ponsel dengan ID Wajah

Fitur yang satu ini, sudah banyak ditemukan di ponsel pintar. Dengan adanya teknologi ID Wajah atau Face ID, akan memudahkan pengguna dalam membuka kunci pada layar hanya dengan mendeteksi dari wajah. Teknologi ini terbilang aman dalam menjaga privasi dari masing-masing ponsel karena hanya pemilik yang mendaftarkan Face ID saja yang bisa dideteksi. Sistem ini juga digambarkan sebagai aplikasi berbasis Kecerdasan Buatan Biometrik (Biometric Artificial Intelligence) yang dapat secara unik mengidentifikasi seseorang dengan menganalisis pola berdasarkan tekstur dan bentuk wajah orang tersebut.

  1. Email

Teknologi yang banyak digunakan dan mulai mengaplikasikan Kecerdasan Buatan adalah email. Google dan beberapa penyedia email lainnya secara bertahap memperkenalkan fitur Artificial Intelligence, seperti kategori email cerdas, balas cepat, dan menghilangkan tugas yang tidak produktif. Fitur Kecerdasan Buatan difungsikan untuk menyusun email dengan lebih cepat. Selain itu, fitur ini memudahkan Anda untuk mengirim pesan kapan saja secara otomatis.

  1. Hiburan dan Sosial

Aplikasi berbasis sosial dan hiburan, seperti Facebook, dan Netflix kini sudah menggunakan Kecerdasan Buatan di dalamnya. Saat Anda menggunakan media sosial, biasanya ada suggestion untuk menambahkan teman baru ke dalam akun Anda. Di balik sistem saran mereka, terdapat implementasi yang kuat dalam menganalisis pola penggunaan, serta mendorong fitur untuk mengidentifikasi teman dari foto, dan personalisasi umpan berita.

  1. Navigasi Google

Jika Anda suka berpergian, tak jarang pengguna ponsel pintar menggunakan Google Maps untuk menuju ke suatu daerah yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Google Maps memudahkan seseorang untuk menemukan jalan menuju tempat yang dituju. Namun, tahukah Anda bahwa Google Maps sudah menggunakan Kecerdasan Buatan dalam pengoperasiannya? Implementasi Kecerdasan Buatan pada Google Maps, terdapat pada informasi tentang traffic lalu lintas, penundaan dalam sistem transportasi, kondisi cuaca, dan masih banyak lagi.

  1. Perbankan dan Keuangan

Tak hanya pada ponsel pintar, dan aplikasi yang digunakan sehari-hari, teknologi Kecerdasan Buatan juga memainkan peran penting dalam industri perbankan dengan menyediakan fitur keamanan serta kenyamanan bagi nasabahnya. Berikut ini penerapan teknologi Kecerdasan Buatan pada perbankan.

  • Pencegahan Penipuan

Implementasi Kecerdasan Buatan pada proses pencegahan penipuan, terdapat pada mesin yang memantau pengeluaran nasabah secara teratur, dengan mempertimbangkan berbagai faktor. Di antaranya; lokasi, interval antara transaksi, nilai transaksi, dan masih banyak lagi. Teknologi Kecerdasan Buatan dapat menganalisis transaksi yang dilakukan sah atau termasuk ke dalam penipuan.

  • Pembayaran Elektronik

Saat ini sudah banyak metode pembayaran yang bisa digunakan oleh nasabah. Salah satunya, pembayaran elektronik. Pada fitur ini, diimplementasikan teknologi Kecerdasan Buatan yang berguna untuk melindungi pembayaran melalui pengenalan wajah dan ucapan yang memungkinkan pembayaran resmi dilakukan.

  • Mobile Banking

Bagi Anda pengguna perbankan, tentu sudah tidak asing dengan layanan Mobile Banking. Teknologi perbankan yang satu ini juga menggunakan Kecerdasan Buatan dalam pengoperasiannya. Salah satu fitur yang bisa Anda gunakan adalah membuka rekening bank hanya melalui ponsel pintar.

  1. Manufaktur

Penerapan AI pada manufaktur dapat menganalisis data IoT pabrik saat mengalir dari peralatan yang terhubung untuk memperkirakan beban dan permintaan yang diharapkan menggunakan jaringan berulang, jenis jaringan pembelajaran mendalam tertentu yang digunakan dengan data urutan.

  1. Layanan Kesehatan

Sektor kesehatan juga tak ketinggalan dalam mengimplementasikan Kecerdasan Buatan. Penerapan Kecerdasan Buatan pada layanan kesehatan salah satunya dalam memberikan pengobatan dan pembacaan sinar X yang dipersonalisasikan. Asisten layanan kesehatan pribadi dapat bertindak sebagai pelatih hidup, yang meningkatkan Anda untuk minum pil, olahraga, atau makan lebih sehat.

Bukan hanya itu saja, saat ini sudah ada teknologi terbaru menggunakan Kecerdasan Buatan untuk mendeteksi Covid-19 dengan lebih cepat, mudah, dan akurat yang diberi nama ByeCovid. Byecovid merupakan teknologi Kecerdasan Buatan mendeteksi virus melalui hasil X-Ray dan CTScan, dengan akurasi >90%. Hasil yang diterima sangat cepat, hanya 1-15 menit saja. Dengan begitu, pasien dapat ditangani secara cepat tanpa perlu menunggu hasil lebih dari 24 jam.

Teknologi saat ini semakin canggih dan sangat memudahkan kinerja manusia. Tak heran jika teknologi Kecerdasan Buatan semakin banyak digunakan oleh berbagai sektor. Tak hanya pada ponsel pintar saja, tetapi pada layanan perbankan dan layanan kesehatan juga sudah menggunakan teknologi Kecerdasan Buatan.

Demikian informasi tentang teknologi yang sudah menggunakan Kecerdasan Buatan dalam pengoperasiannya. Teknologi terbaru yang telah memberikan kemudahan bagi manusia sebagai penggunanya. Sudahkah merasakan dampak positif dari teknologi Kecerdasan Buatan?


Tags: Artifical Intelligence AI E-commerce Teknologi Kecerdasan Buatan Kecerdasan Buatan dalam Bidang Kesehatan
  • Follow: