10 Pemanfaatan Kecerdasan Buatan dalam Bidang Kesehatan yang Berperan Penting Bagi Tenaga Medis

Card image cap

Teknologi Kecerdasan Buatan sangat mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Pada artikel sebelumnya, telah dibahas tentang teknologi apa saja yang sudah menggunakan Kecerdasan Buatan. Dalam perkembangannya, teknologi ini sangat membantu karena dapat memberikan respon selayaknya manusia.

Kecerdasan Buatan kini diaplikasikan ke dalam berbagai hal. Mulai dari video game, pemesanan ojek online, media sosial, belanja online, hingga bidang kesehatan. Bidang kesehatan dianggap sebagai yang paling menjanjikan dan memiliki dampak yang positif dalam pengaplikasian teknologi Kecerdasan Buatan.

Pemanfaatan kecerdasan buatan dalam bidang kesehatan saat ini telah digunakan oleh para tenaga medis untuk memberikan kemudahan dalam menganalisa, meminimalisir terjadinya kesalahan dan membuat segala sesuatu menjadi efisien.

Teknologi Kecerdasan Buatan memiliki beberapa keunggulan, di antaranya; Pengenalan catatan medis elektronik, Peningkatan ketersediaan data kesehatan yang diperoleh dari perangkat pribadi, serta Peningkatan daya komputasi pada pengumpulan dan pemrosesan data lebih cepat.

Hadirnya inovasi Kecerdasan Buatan membawa angin segar dalam bidang kesehatan, karena teknologi tersebut dapat membantu dalam menangani permasalahan yang tak bisa dilakukan oleh manusia.

Teknologi Kecerdasan Buatan bukan hanya dirasakan oleh tenaga medis saja, melainkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, khususnya sebagai layanan kesehatan yang memberikan kemudahan bagi pasien dalam menyampaikan informasi analisa yang akurat. Berikut ini penjelasan mengenai pemanfaatan teknologi Kecerdasan Buatan dalam bidang kesehatan.

 

Pemanfaatan Kecerdasan Buatan dalam Bidang Kesehatan

Teknologi Kecerdasan Buatan dalam bidang kesehatan dibutuhkan oleh berbagai aspek. Berikut 10 aplikasi dalam bidang kesehatan dari solusi Artificial Intelligence yang perlu Anda ketahui.

  1. Mengelola Rekam Medis

Langkah pertama yang dilakukan sebelum pasien mendapatkan perawatan adalah mengumpulkan dan menganalisis informasi catatan medis. Pada proses ini, teknologi Kecerdasan Buatan berperan dalam mengoptimalisasi pendataan secara digital. Data yang tersedia dikumpulkan, disimpan, dan dilacak secara otomatis. Teknologi ini sangat membantu untuk menyediakan akses yang cepat dan konsisten.

  1. Melakukan Pekerjaan Repetitif

Dalam bidang kesehatan, terdapat proses pekerjaan repetitif, di antaranya menganalisis tes, X-Rays, CTScan, dan entri data. Proses ini lebih cepat dilakukan dengan bantuan robot. Selain itu pada kardiologi dan radiologi, biasanya jumlah data untuk dianalisis sangat banyak dan menghabiskan banyak waktu. Peran AI berguna untuk menganalisis tes tersebut dengan cepat sehingga memudahkan tenaga ahli jantung dan ahli radiologi.

  1. Konsultasi Digital

Saat ini sudah bisa dilakukan konsultasi secara digital. Konsultasi medis secara umum dilakukan menggunakan AI dengan cara pengguna melaporkan gejala mereka ke dalam aplikasi, yang menggunakan pengenalan suara untuk membandingkan dengan database penyakit. Kemudian AI menawarkan tindakan yang direkomendasikan, dengan mempertimbangkan riwayat medis pengguna.

  1. Perawat Virtual

Teknologi semakin canggih dengan adanya perawat virtual. Teknologi perawat virtual membantu tenaga kesehatan dalam memantau kondisi pasien dan menindak lanjuti perawatan yang dibutuhkan. Program ini dibuat untuk mendukung pasien, khususnya yang mengidap penyakit kronis agar lebih mudah dalam memutuskan penindakan.

  1. Manajemen Pengobatan

Setiap rumah sakit memiliki manajemen obat sebagai hal penting dalam pengelolaan ketersediaan obat. Proses ini bertujuan untuk mencegah stagnan stock dan stock out. Teknologi Kecerdasan Buatan memiliki peran untuk memudahkan manajemen pengobatan, hingga memantau penggunaan obat yang dilakukan oleh pasien. Manajemen Pengobatan salah satunya dilakukan melalui webcam untuk menginformasikan pasien menggunakan resep yang sesuai.  Umumnya, pengguna merupakan pasien dengan kondisi medis yang memerlukan tindakan serius.

  1. Penemuan Obat

Awal mulanya, proses penemuan obat didapatkan dengan cara yang kebetulan. Namun dengan adanya kemajuan teknologi, penemuan obat dapat dilakukan dengan berbagai ilmu. Mulai dari biofisika, biologi molekuler, farmakokinetik, kimia medisinial, statistik, hingga ilmu computer. Teknologi Kecerdasan Buatan memberikan dampak yang cukup baik dalam penemuan dan pengembangan obat karena sangat memudahkan untuk menentukan obat yang akan digunakan oleh pasien.

  1. Presisi Pengobatan

Dalam beberapa kasus, terdapat proses presisi pengobatan yang dihadapin berdasarkan genetika pasien. Dengan adanya bantuan teknologi Kecerdasan Buatan, mendeteksi penyakit dapat dilakukan lebih cepat. Sehingga, pasien dapat dengan mudah mendapatkan pengobatan yang tepat karena adanya Kecerdasan Buatan.

  1. Pemantauan Kesehatan

Setiap pasien akan mendapatkan pemantauan kesehatan yang bertujuan untuk memudahkan dokter dalam menangani pasien. Pemantauan kesehatan semula dilakukan dengan cara manual, yaitu dengan menanyakan langsung pada pasien tentang apa yang dirasakannya pasca pengobatan. Dengan adanya teknologi Kecerdasan Buatan, memudahkan dokter untuk menyampaikan informasi pada pasien tentang kebutuhan dan kebiasaan yang harus dilakukan pasien.

  1. Analisis Sistem Kesehatan

Tindakan yang tak kalah penting selanjutnya adalah menganalisis sistem kesehatan pasien. Semula proses ini dilakukan secara manual yang menghabiskan cukup banyak waktu. Teknologi Kecerdasan Buatan berguna dalam menyaring data untuk menyoroti kesalahan dalam perawatan, alur kerja yang tidak efisien, dan membantu sistem perawatan kesehatan guna menghindari perawatan yang tidak tepat.

  1. Pendeteksi Covid-19 dan Pneumonia

Teknologi Kecerdasan Buatan kini semakin canggih dengan kemampuannya mendeteksi virus Covid-19 dengan lebih cepat menggunakan X-Ray. Teknologi terbaru ini dapat digunakan melalui ByeCovid.

ByeCovid merupakan web portal dengan teknologi kecerdasan buatan yang mampu mendeteksi Covid-19 dan Pneumonia dengan lebih cepat dan akurat. Proses pendeteksi menggunakan hasil X-Ray atau CT Scan yang diunggah ke dalam AI processing server pada web portal. Analisis dilakukan hanya dalam waktu 3 – 15 menit saja. Kemudian hasil analisis dapat dilihat langsung pada dashboard atau dikirim ke email user dalam format PDF.

Hadirnya ByeCovid membantu kinerja tenaga kesehatan di rumah sakit untuk mendeteksi virus lebih cepat dengan akurasi >90%.

 

Demikian informasi tentang pemanfaatan teknologi Kecerdasan Buatan yang diaplikasikan dalam bidang kesehatan. Telah banyak pemanfaatan Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan pada bidang kesehatan yang memberikan manfaat bagi tenaga medis, kedokteran, dan layanan kesehatan pada pasien.

Informasi lebih lanjut mengenai ByeCovid dapat menghubungi :

E-mail : [email protected]

Telepon : 021 - 723 7982

Handphone : 0813-8589-5817 / 0856-9571-0460

 


Tags: Covid-19 Teknologi Artifical Intelligence AI Teknologi Kecerdasan Buatan Kecerdasan Buatan dalam Bidang Kesehatan Manfaat Kecerdasan Buatan Manfaat Kecerdasan Buatan di Bidang Kesehatan
  • Follow: